15 June, 2017

Resep Es Sekoteng Oyen

Tahukah ibu bahwa Es sekoteng merupakan salah satu dari Minuman dingin Khas Sunda, tepatnya paling banyak di kota Bandung.

es sekoteng bahan dan resep nya

Penampilanya hampir sama dengan es campur, tetapi menggunakan Sekoteng kalo bahasa sunda nya pacar cina, Munculnya nama "Oyen" dalam es sekoteng ini dikarenakan ketika ada seseorang berjualan es, lalu burung perkutut yang dibawa pedangnya suka bersuara "oyen, oyen".

Sedikit lucu ceritanya, namun kalo rasa dari minuman ini luar biasa, nah berikut bahan-bahan pembuatan nya :

Bahan :
- 250 gram pacar cina (sekoteng)
- 320 gram cincau hitam potong kotak-kotak
- 120 gram kolang kaling yang di iris tipis-tipis
- 100 gram tapai singkong, potong kotak-kotak
- 3 buah Avokat, kerok daging dari buahnya
- 250 gram melon potong kotak-kotak
- 1 buah es kelapa muda, ambil isinya
- Susu kental manis
- Es batu secukupnya

Air Gula
- 300 gram gula putih
- 1/2 sendok teh - garam
- 750 ml air

Berikut langkah-langkah pembuatan nya, sebelum nya coba ibu perhatikan dulu gambaran ilustrasi di bawah ini, lalu baru mulai membaca proses pembuatan nya, agar ibu lebih dapat mudah di mengerti ketika ibu membuat es sekoteng nantinya.

gambaran pembuatan es sekoteng ilustrasi

#1. Air Gula di ubah Menjadi Kuah Gula : Campur 300 gram gula putih, 1/2 sendok teh garam, dan 750 ml air (boleh kurang), rebus hingga mendidih hingga gula larut, setelah itu Angkat lalu dinginkan.

#2. Tata sebagian bahan es oyen di dalam mangkok, Tambahkan Es batu secukupnya, lalu siram dengan air gula dan susu kental manis diatas nya, sajikan dalam keadaan dingin agar berasa lebih segar.

Bagaimana ? cukup mudah bukan membuat minuman tersebut, ibu juga bisa kok menambhakan buah-buah an lain nya sesuai selera, karena kreatif dalam membuat makanan dan minuman itu penting.

Terima Kasih, Bantu di Share yaa bu.

Artikel Terkait